Kpop

Profil G-Dragon, Perjalanan Karier hingga Rumor Kencan

Yuk kepoin profil G-Dragon yang kabarnya jadi pacar Jennie BLACKPINK.

Tinwarotul Fatonah

G-Dragon BIGBANG [Soompi]
G-Dragon BIGBANG [Soompi]

Matamata.com - G-Dragon sedang jadi sorotan, bukan karena comeback solo atau single bersama grub Bing Bang melainkan kabar pacaran dengan Jennie BLACKPINK mencuat ke media oleh Dispacth.

G-Dragon yang merupakan ikon K-pop di Korea Selatan jelas langsung menarik perhatian publik Korea dan Internasional.

Tak hanya itu, Jennie sendiri merupakan penyanyi personil BLACKPINK yang memiliki penggemar jutaan tak hanya di Korea tapi juga tingkat internasional.

Buat yang belum kenal G-Dragon? Kepoin yuk profil G-Dragon berikut ini.

Jennie BLACKPINK dan G-Dragon (Soompi)
Jennie BLACKPINK dan G-Dragon (Soompi)

Nama Asli G-Dragon

G-Dragon memiliki nama asli Kwon Ji-Young. Dia menggunakan nama G-Dragon sebagai nama panggung. Dia seorang penyanyi, rapper, pennulis lagu, dan produser rekaman asal Korea Selatan. Kwon Ji-Young menjadi trainee di bawah label rekaman YG Entertainment, dan memilih nama G-Dragon untuk nama panggungnya, kemudian secara resmi melakukan debut dengan anggota grub Big Bang yang lain.

Leader Big Bang

G-Dragon secara resmi debut sebagai anggota dari grub Big Bang pada tahun 2006. Posisinya sebagai leader dalam grub tersebut dan bertanggung jawab untuk menulis, menyusun, dan pembuatan lagu-lagu Big Bang. Dialah sosok yang membuat lagu "Lies", "Last Farewell", dan "Day by Day" menjadi viral di Korea. Tak hanya itu, album solo debutnya Heartbreaker juga berhasil meraih sukses pada tahun 2009 dengan penjualan lebih dari 200.000 kopii. Di era digital seperti ini, penjualan sebanyak itu sangat luar biasa.

Kesuksesan G-Dragon bersama Big Bang sudah terlihat sejak awal. Penjualan album pertama Bingbang Vol.1 mencapai 40.000 kopi. Lagu seperti "La La La", "We Belong Together", dan "Forever With You" menjadi andalan dalam lagu ini. Keterlibatan peran kreatif G-Dragon dalam album Big Bang dimulai pada album kedua, yang berupa album mini Big Bang berjudul Always pada tahun 2007.

Perjalan Karier G-Dragon

Lahir dan besar di Korea Selatan, G-Dragon merintis karir sejak usia 5 tahun dengan grub musik Little Lula. Setelah merilis album natal, kontrak grup ini dihentikan. G-Dragon sempat bergabung dengan SM Entertainment sebagai trainer dari usia 8 tahun sampai 13 tahun, kemudian memutuskan berhenti karena merasa bakatnya tidak terasah di bawah naungan SM.

Kemudian, ketika berada di bangku sekolah kelas tiga, G-Dragon tertarik dengan hip hop dan rap setelah diperkenalkan oleh temannya, sebuah grup hip hop asal Amerika Serikat, Wu-Tang Clan. Setelah itu, G-Dragon memperkaya diri dengan hip hop. G-Dragon ikut terlibat dalam penggarapan album grup hip-hop Korea Selatan Flex pada tahun 2001 sebelum debut dengan Big Bang.

Pada saat itu, usianya baru 13 tahun. G-Dragon pun menarik perhatian Sean dari duo hip hop Jinusean dari YG Entertainment, dia pula yang kemudian merekomendasikan Jiyoung ke pendiri agensi Yang Hyun Suk. Singkat cerita, Ji-Young menandatangani kontrak dengan label tersebut. Pada tahun pertama, ia justru ditugasi untuk membersihkan studio untuk artis-artis lainnya serta mengisi botol-botol air minum selama latihan menari.

Setelah enam tahun berlatih di bawah asuhan YG Entertainment, G-Dragon akhirnya secara resmi debut sebagai leader dari grub Big Bang tahun 2006 bersama Dong Youngbae. Ia menggunakan nama panggung G-Dragon dan Dong Young Bae dengan nama Taeyang. Keduanya disatukan dengan T.O.P, Daesung, dan Seungri.

Karier Solo

G-Dragon BIGBANG [Soompi]
G-Dragon BIGBANG [Soompi]

Karir solo G-Dragon juga sangat besar. Dia muncul dengan album solo debut Heartbreaker yang langsung jadi hit di Korea Selatan. Di dalam album itu, dia berkolaborasi dengan beberapa artis kenamaan Korea Selatan, seperti Teddy, Taeyang, Kush, CL, dan Sandara Park.

Album pertama ini dirilis bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-21. Album solo pertamanya terjual sampai 200.000 kopi. Lagu-lagu seperti "The Leaders", "A Boy", "Hello", dan "She's Gone" berhasil memuncaki beberapa tangga lagu setelah dirilis.

Prestasi G-Dragon

G-Dragon melakukan tur dunia pada Januari 2013. Tur pertamanya bertajuk "G-Dragon 2013 1st World Tour" menjadikannya sebagai artis solo Korea pertama yang melangsungkan tur di empat Dome di Jepang. Dia juga menjadi artis solo kedua Korea yang menggelar tur dunia. Artis pertama yang melakukan tur dunia ialah Bi Rain.

Tak hanya musik, G-Dragon juga tertarik dengan seni. Dia menggelar pameran seni bertajuk PEACEMINUSONE: Beyond the Stage pada tahun 2015. Dalam pameran ini, dia menampilkan 200 karya seni dari 12 seniman lokal dan internasinal, di antaranya MIchael Scoggins, Sophie Elements, dan James Clar.

Motivasi G-Dragon melakukan pameran seni tersebut ialah untuk menjembatani karya seniman lokal kepada masyarakat yang kurang akrab dengan seni. Pameran seni itu diadakan di Seoul, Korea Selatan, pada 6 Juni hingga 23 Agustus.

Kontroversi G-Dragon

Kiprah G-Dragon di dunia musik tak terlepas dari isu. Salah satunya ialah dicap melakukan plagiat oleh Sony Music, di mana lagu "Heartbreaker" dan "Butterfly" masing-masing diduga mirip dengan lagu "Right Round" milik Flo Rida dan "She's Electric" milik Oasis.

Akan tetapi, EMI selaku label rekaman yang mendistribusikan "Right Round" mengatakan tidak melihat kesamaan antara dua lagu tersebut. Kemudian, Yang Yungsuk secara pribadi justru menghubungi Flo Rida dan merilis versi baru dari "Heartbreaker" dengan menampilkan Flo Rida sendiri. Isu plagiat itu pun mereda.

Rumor Kencan

Leader Big Bang ini pernah dikabarkan kencan dengan So Hee, member Wonder Gilrs pada tahun 2008. Rumor itu beredar setelah banyak barang couple yang terlihat oleh kamera. Kabar tersebut tidak diklarifikasi oleh kedua agensi, bahkan sampai sekarang, baik dari G-Dragon maupun So Hee tidak memberikan penjelasan.

Kemudian, tahun 2010, G-Dragon dikabarkan berkencan dengan model asal Jepang, Kiko Mizuhara. Hal itu terjadi karena keduanya kerap terlihat bersama tidak hanya di Jepang, tapi juga di Korea Selatan, Thailand, dan Paris.

Lalu tahun 2015, GD kembali dikabarkan pacaran dengan Taeyon SNSD. Mengenai kabar tersebut, kedua agensi mereka membantah. Akan tetapi, Netizen Korea berspekulasi bahwa Taeyeon dan GD masing-masing saling memberi kode melalui instagram.

Tahun 2016, GD kembali dikabarkan berpacaran dengan model dan artis Jepang, Nana Komatsu. Tidak ada klarifikasi yang menerangkan dengan jelas mengenai rumor kencan ini. Nana hanya mengaku sebagai fans GD. Kabar kencan GD tidak berakhir di sini, yang terbaru ialah dikabarkan berkencan dengan Jennie BLACKPINK. Dispatch merilis foto-foto dugaan kencan keduanya.

Itulah profil G-Dragon top star asal Korea Selatan. 


 
Kontributor: Mutaya Saroh

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report