Kpop

7 Grup K-Pop Paling Bersinar 2020, BTS Jadi Entertainer of The Year TIME

Tahun 2020 bisa dibilang sangat gemilang untuk BTS.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Kaleidoskop: Grup K-Pop Paling Bersinar 2020 (MataMata.com)
Kaleidoskop: Grup K-Pop Paling Bersinar 2020 (MataMata.com)

Matamata.com - Tahun 2020 bisa dibilang salah satu tahun keemasan bagi para pencinta K-Pop. Pasalnya grup K-Pop banyak yang debut dan menghasilkan karya terbaik di tahun ini.

BTS misalnya yang telah terpilih sebagai Entertainer of the Year 2020 dari TIME! Pada 10 Desember waktu setempat, TIME mengumumkan bahwa BTS telah mengambil alih gelar tersebut tahun ini.

BTS (Twitter/@BTS_twt)
BTS (Twitter/@BTS_twt)

2020 bisa disebut tahun gemilang bagi BTS, termasuk grup K-Pop di bawah ini. Siapa aja nih grup K-Pop paling bersinar 2020 versi MataMata.com? Yuk kepoin data-datanya di bawah ini dilansir Soompi, siapa tahu ada idolamu.

1. BTS

BTS (Soompi.com)
BTS (Soompi.com)

BTS membuat sejarah saat album baru mereka "BE" memulai debutnya di No. 1 di chart Top 200 Album Billboard yang terkenal, peringkat mingguan dari album paling populer di Amerika Serikat. Judul lagu baru grup "Life Goes On" juga memulai debutnya di No. 1 di Billboard's Hot 100, menjadikan BTS artis pria pertama — dan satu-satunya artis keseluruhan kedua dalam sejarah Billboard — yang mendebutkan lagu dan album di No. 1 di dua tangga lagu di minggu yang sama. (Satu-satunya artis lain yang telah mencapai prestasi tersebut hingga saat ini adalah Taylor Swift.)

Untuk tahun kedua berturut-turut, BTS menyapu keempat Daesang di Mnet Asian Music Awards 2020. BTS membawa pulang total delapan penghargaan, yang mencakup empat Daesang (Album of the Year untuk "Map of the Soul: 7," Song of the Year untuk "Dynamite," Worldwide Icon of the Year, dan Artist of the Year) dan Grup Pria Terbaik, Penampilan Terbaik - Grup Pria ("Dynamite"), Video Musik Terbaik ("Dynamite"), dan Top 10 Pilihan Fans Sedunia. Prestasi BTS di tahun 2020 memang terlalu banyak untuk disebutkan.

2. BLACKPINK

BLACKPINK (Soompi.com)
BLACKPINK (Soompi.com)

BLACKPINK banyak merilis lagu bagus di tahun 2020. Pada 26 Desember, video musik “Ice Cream” telah melampaui 450 juta penayangan di YouTube. MV yang menampilkan Selena Gomez ini dirilis pada 28 Agustus, yang artinya butuh waktu sekitar 3 bulan, 27 hari, dan 17 jam untuk mencapai tonggak tersebut. Sementara itu pada tanggal 24 Desember, video musik BLACKPINK untuk "Lovesick Girls" melampaui 300 juta penayangan di YouTube, menjadikannya video musik grup kesembilan mereka yang mencapai prestasi tersebut.

Lalu video musik BLACKPINK untuk "How You Like That" melampaui 700 juta penayangan pada 19 Desember, menjadikannya video musik grup wanita K-pop tercepat yang pernah mencapai tonggak sejarah. Memang sekece itu nih BLACKPINK!

3. EXO

EXO lepas kepergian Chen wamil (Soompi)
EXO lepas kepergian Chen wamil (Soompi)

Meski tak merilis album penuh tahun ini karena aktivitas pribadi para anggotanya, EXO tetap menarik perhatian. Kabar istri Chen melahirkan bayi perempuan pada 29 April di sebuah rumah sakit di lingkungan Cheongdam di Distrik Gangnam jadi perbincangan panas. Chen diketahui mengumumkan pernikahannya dan kehamilan pasangannya pada bulan Januari dengan surat tulisan tangan. Chen juga bikin heboh saat wamil pada 26 Oktober dan menjadi anggota keempat EXO yang memenuhi wajib militernya, setelah Xiumin, D.O., dan Suho.

Dari segi musik, pada tanggal 30 November, Kai EXO merilis mini album pertamanya "KAI" dan melakukan debut solo resminya. Setelah dirilis, "KAI" naik ke puncak tangga lagu Album Teratas iTunes di 50 negara. Album ini juga menempati posisi teratas di tangga lagu penjualan album digital untuk QQ Music China, KuGou Music, dan Kuwo Music. Keren!

4. NCT

NCT (Instagram/@nct)
NCT (Instagram/@nct)

NCT telah mendapatkan gelar "double million sellers" dengan album lengkap kedua mereka! Pada tanggal 23 Desember, diumumkan bahwa album terbaru NCT "RESONANCE Pt. 2 ”telah terjual 1.217.122 eksemplar setelah dirilis pada November.

Ini terjadi setelah penjualan yang mengesankan dari album NCT sebelumnya "RESONANCE Pt. 1, ”yang mencatat lebih dari satu juta penjualan dalam tujuh hari dan menerima satu juta sertifikasi resmi dari Gaon Chart. Diungkap pada 22 Desember, album NCT telah terjual sebanyak 1.463.798 eksemplar. Penjualan gabungan “RESONANCE Pt. 1 ”dan“ RESONANCE Pt. 2" mencapai hingga 2.680.920 eksemplar. NCT memang sekeren itu!

5. TWICE

TWICE (Soompi.com)
TWICE (Soompi.com)

Album TWICE, Eyes Wide Open telah memasuki Billboard 200! Album lengkap Korea kedua grup "Eyes Wide Open" keluar pada 26 Oktober dan menampilkan lagu utama "I CAN’T STOP ME." Album fisik dirilis di Amerika Serikat awal bulan ini.

Di tangga lagu Billboard 200 untuk pekan yang berakhir 19 Desember, "Eyes Wide Open" debut di No. 72. Peringkat tertinggi TWICE sebelumnya di tangga lagu adalah No. 200, yang mereka raih dengan "MORE & MORE" di bulan Juni. "Eyes Wide Open" juga berada di No. 2 di chart Album Dunia Billboard dan No. 12 di chart Penjualan Album Teratas. Cool!

6. Aespa

Aespa (Youtube.com/Aespa)
Aespa (Youtube.com/Aespa)

Video musik debut Aespa menerima banyak cinta! Girl group terbaru SM Entertainment merilis video musik untuk single debut mereka "Black Mamba" pada 17 November. 24 jam kemudian pada 18 November, video musiknya telah ditonton 21.425.062 kali di YouTube.

Ini tampaknya menjadi rekor baru untuk video musik debut grup K-pop. Menurut YouTube, rekor sebelumnya dipegang oleh "DALLA DALLA" ITZY. ("Crown" TXT memiliki jumlah penayangan real-time yang lebih tinggi, tetapi YouTube kemudian mengumumkan jumlah resmi sebagai 17,1 juta untuk "DALLA DALLA" dan 15,1 juta untuk "Crown"). Mantul nih Aespa!

7. GOT7

GOT7 (Instagram/@bambam1a)
GOT7 (Instagram/@bambam1a)

Album GOT7, Breath of Love: Last Piece "memulai debutnya di tangga lagu Album Dunia Billboard di No. 7. Album baru dari grup ini menampilkan lagu utama" Breath "dan" Last Piece ".

Diketahui pada tanggal 30 November, grup ini merilis album baru mereka "Breath of Love: Last Piece" bersama dengan video musik untuk lagu kedua. Judul lagu lainnya "Breath" telah dirilis sebelumnya pada 23 November. "LAST PIECE", dimana JB berpartisipasi dalam komposisi dan liriknya, mengungkapkan pesan romantis "You're the missing last piece". Ini menampilkan melodi vokal yang kuat dan jalur rap yang unik.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report