Kpop

Terungkap, Daftar Nama Kontestan Korban Manipulasi Voting Produce 101

Daftar nama para peserta yang dirugikan atas kasus ini pun dirilis oleh pihak pengadilan.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Produce 101 (Soompi)
Produce 101 (Soompi)

Matamata.com - Kasus manipulasi voting ajang pencarian bakat Produce 101 akhirnya menemui titik akhir. Daftar nama para peserta yang dirugikan atas kasus ini pun dirilis oleh pihak pengadilan. 

Ahn Joon Young selaku direktur produksi acara dikenai hukuman dua tahun dalam persidangan yang digelar pada Rabu (18/11/2020). Sedangkan Kim Yong Bum selaku kepala produser menjalani hukuman 1 tahun 8 bulan.

Pihak pengadilan berharap dengan diungkapnya nama para kontestan ini bisa menjadi titik balik kesuksesan karier mereka sebagai selebritis. "Para trainee yang dirugikan yang diungkapkan melalui pengadilan pidana yang adil dapat menjadi titik awal bagi mereka untuk menerima kompensasi yang sebenarnya atas kerusakan," jelasnya sebagaimana dilansir Soompi.

Wanna One (wannaone.officia/instagram).
Wanna One (wannaone.officia/instagram).

Sayangnya, nama-nama kontestan yang menang gara-gara manipulasi voting enggan dibeberkan oleh pengadilan. Keputusan itu diambil lantaran khawatir membahayakan nama mereka.

Lebih lanjut berikut daftar korban manipulasi voting Produce 101 dari season 1 hingga season ke-4.

Produce 101 (pemungutan suara putaran pertama): Kim Su Hyun, Seo Hye Lin

Produce 101 Season 2 (pemungutan suara putaran pertama): Seong Hyun Woo

Produce 101 Season 2 (pemungutan suara putaran keempat): Kang Dong Ho (NU’EST's Baekho). Dia seharusnya debut sebagai member Wanna One.

Produce 48 (pemungutan suara putaran keempat): Lee Ga Eun dan Han Cho Won. Keduanya seharusnya debut sebagai member IZ*ONE.

Produce X 101 (pemungutan suara putaran pertama): Anzardi Timothee

Produce X 101 (pemungutan suara putaran ketiga): Kim Kook Heon (B.O.Y), Lee Jin Woo (GHOST9)

Produce X 101 (pemungutan suara putaran keempat): Koo Jung Mo (CRAVITY), Lee Jin Hyuk (UP10TION), Keum Dong Hyun. Ketiganya seharusnya debut sebagai X1 dengan posisi voting yang cukup tinggi.

Pernyataan Mnet

Boyband X1 [Instagram/@x1official101]
Boyband X1 [Instagram/@x1official101]

Mnet akhirnya angkat bicara mengenai kasus ini sebagai pihak penyelenggara. Mereka pun meminta maaf.

"Kami sekali lagi menundukkan kepala untuk meminta maaf karena telah memicu skandal," kata Mnet. "Selama proses uji coba, daftar trainee yang dirugikan oleh serial Produce 101 terungkap. Kami merasa sangat menyesal terhadap para trainee dan keluarga mereka yang sangat terluka oleh kami," sambungnya lagi.

Karena itu, Mnet berjanji akan membayar kompensasi. "Sejak masalah ini diangkat, Mnet telah mendiskusikan kompensasi untuk trainee yang terkena dampak yang dapat kami identifikasi. Beberapa diskusi sudah selesai, sementara yang lain masih berlangsung," tutur Mnet.

"Kami akan bertanggung jawab sampai akhir dan melakukan yang terbaik untuk mengganti kerugian yang ditimbulkan oleh semua trainee yang terkena dampak yang diungkapkan melalui uji coba hari ini," imbuhnya.

Produce 101 (Soompi)
Produce 101 (Soompi)

Soal Produce 101

Seperti diketahui, Produce 101 adalah ajang survival dengan diikuti oleh ratusan trainee dari berbagai agensi. Acara ini berjalan selama empat musim.

Para peserta dengan voting tertinggi bisa berkesempatan debut dalam grup yang sudah disiapkan. Mayoritas grup bentuk Produce 101 ini biasanya akan sukses di pasaran. Sebut saja ada IOI, Wanna One, IZ*ONE dan terakhir ada X1. [Sumarni]

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report