Kpop

Menyibak Tabir Cinta Dua Dunia di Crash Landing on You, Seindah di Drama?

Crash Landing on You tamat, kepoin kisah cinta Korea Utara dan Korea Selatan yang terjadi di dunia nyata.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Ilustrasi Crash Landing on You (Ema Rohima/MataMata.com)
Ilustrasi Crash Landing on You (Ema Rohima/MataMata.com)

Matamata.com - Seorang pewaris chaebol Korea Selatan secara tidak sengaja jatuh di Korea Utara saat paralayang. Dia diselamatkan oleh seorang perwira militer Korea Utara yang akhirnya melindunginya dan mempertaruhkan nyawanya untuk mengirimnya kembali ke Seoul. Terlepas dari perbedaan aksen, gaya hidup, budaya, pendidikan dan ideologi, mereka jatuh cinta.

Ini adalah premis "Crash Landing on You," drama hit terbaru dari tvN yang sudah memasuki episode akhir. Dengan pemeran terkemuka yang dipimpin oleh aktris Son Ye Jin dan aktor Hyun Bin, rom-com, yang ditayangkan perdana 14 Desember ini sontak jadi perbincangan panas karena penggambarannya yang jelas tentang Korea Utara, negara tertutup yang telah diselimuti tudung misterius selama beberapa dekade.

Crash Landing on You (Soompi)
Crash Landing on You (Soompi)

Kehidupan di utara perbatasan memang sudah sejak lama menjadi sumber inspirasi bagi banyak pikiran kreatif di Selatan. Lalu apakah kebiasaan dan settingnya benar-benar seperti aslinya?

Apakah benar-benar ada kisah cinta yang berpijak pada dua dunia dan rela mempertaruhkan segalanya seperti di drama?

1. Sinopsis

Drama tvN, Crash Landing on You yang dibintangi aktor kawakan Hyun Bin dan Son Ye-jin, menampilkan romansa rahasia melintasi perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Drama fantasi-romansa dimulai ketika Yoon Se-ri, pewaris konglomerat Korea Selatan, secara tidak sengaja mendarat di Korea Utara saat paralayang. Dia bertemu dan diselamatkan oleh Lee Jung Hyuk, seorang perwira yang ditugaskan di Korea Utara.

Crash Landing on You. (Youtube/tvNdrama)
Crash Landing on You. (Youtube/tvNdrama)

Yoon Se Ri yang cantik, pintar dan kaya harus menghadapi kenyataan berada di tempat antah berantah yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Dia yang biasanya makan daging, minum wine dan mandi air hangat di bathtub setiap hari mau tak mau harus makan-makanan sederhana yang diolah secara tradisional. Bahkan untuk mandi air panas dia harus memasaknya sendiri.

Belum lagi kenyataan di Korea Utara yang digambarkan tak ada internet dan listrik diharuskan mati sepanjang malam, membuat Yoon Se Ri makin terasing. Namun anehnya kepedulian orang asing seperti Lee Jung Hyuk dan 4 tentara bawahannya justru membuatnya merasa seperti berada di tengah-tengah keluarga.

Maklum, hubungan Se Ri dengan keluarganya tak dekat bahkan bisa dibilang toxic. Kakaknya rela melakukan apa saja termasuk melenyapkannya untuk bisa menjadi pewaris harta keluarga. Padahal bukannya Yoon Se Ri tak bisa mendirikan usaha sendiri, dia bisa, tapi kakak-kakaknya tetap saja menganggapnya batu sandungan.

Crash Landing on You. (Youtube/tvNdrama)
Crash Landing on You. (Youtube/tvNdrama)

Lee Jung Hyuk di lain pihak punya luka hatinya sendiri. Dia yang anak petinggi militer harus kembali ke Korea Utara, menggantikan kakaknya yang terbunuh, menjadi tentara dan melepaskan mimpinya sebagai pianis lulusan Swiss, Jung Hyuk sudah hidup dengan batu besar di hatinya.

Kehadiran Se Ri mampu mengikis batu besar itu dan membuatnya bisa merasakan cinta lagi. Saat musuh yang membunuh kakaknya mengincar keselamatan Se Ri juga, Jung Hyuk tidak bisa sekali lagi menghadapi kehilangan orang yang dia cintai.

Crash Landing on You. (Youtube/tvNdrama)
Crash Landing on You. (Youtube/tvNdrama)

Seperti diketahui drama ini ditulis oleh penulis skenario Park Ji-eun, yang juga berada di balik kisah cinta dua dunia "My Love from the Star" dan "The Legend of the Blue Sea," yang juga populer di seluruh dunia.

Bila di Crash kita diperkenalkan kisah cinta dua dunia antara Korea Selatan dan Korea Utara, My Love from The Star yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun berkisah tentang alien dan manusia. Sementara The Legend of the Blue Sea yang dibintangi Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun bercerita tentang hubungan putri duyung dan manusia biasa.

Penulis Park Ji Eun jelas mampu membungkus romansa dua dunia dengan dialog ringan, plot yang menarik dan chemistry mematikan antara pemeran utamanya.

2. Kisah di Balik Layar

Sutradara Lee Jeong-hyo mengatakan dia bingung ketika pertama kali menerima naskah. Pasalnya dia berpikir bahwa Korea Utara dan kisah cinta mungkin tidak cocok. Namun, ia akhirnya jatuh cinta pada "kisah luar biasa" ini.

"Naskahnya benar-benar menyenangkan," kata Lee di sebuah acara pers di Gwanghwamun, Seoul pusat seperti dilansir dari The Korea Herald.

Lee mengatakan dia harus kreatif untuk adegan Korea Utara. Karena pembuatan film yang sebenarnya di Utara tidak mungkin, tim harus melakukan syuting ke Mongolia dan Pulau Jeju.

Crash Landing on You (Instagram/@tvndrama.official)
Crash Landing on You (Instagram/@tvndrama.official)

Hyun Bin dan Son Ye Jin sendiri awal tahun ini dikabarkan berkencan setelah foto-foto mereka berbelanja bersama dirilis. Namun mereka membantah rumor tersebut. Seperti diketahui keduanya juga membintangi film "The Negotiation" yang dirilis tahun lalu.

"Rumor itu tidak memengaruhi keputusanku untuk mengambil bagian dalam drama," kata Hyun Bin. "Dalam film sebelumnya, Son Ye Jin dan saya sebenarnya tidak memiliki kesempatan untuk bertemu karena jadwal pengambilan gambar yang unik, tetapi saya selalu ingin berakting dengan Son Ye Jin lebih dekat, dan saya belajar banyak darinya melalui drama ini."

Ditanya apakah rumor itu mempengaruhi casting, sutradara Lee dengan bercanda berkata, "Saya menerima desas-desus secara positif, dengan anggapan bahwa chemistry antara keduanya seharusnya sudah baik."

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report