Kpop

Skandal Chat Mesum Hingga Bunuh Diri, 7 Momen Kelam Industri K-Pop 2019

Mulai dari hengkangnya Seungri sampai meninggalnya Sulli, siapkan hatimu sekali lagi untuk membuka lembaran sedih K-Pop tahun 2019 ini.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Seungri dan Sulli (Soompi)
Seungri dan Sulli (Soompi)

Matamata.com - Industri K-Pop banyak diwarnai skandal dan goresan tangis tahun 2019 ini. Banyak idol K-Pop yang hengkang dari grup, meninggal dunia hingga tersandung skandal seksual.

Tak pernah lepas dari ingatan ketika Sulli eks f(x) meninggalkan para penggemar dalam kesedihan terkait keputusannya mengakhiri hidup. Belum lagi Seungri yang terpaksa harus keluar dari BIGBANG karena tersangkut banyak skandal.

Berikut MataMata.com rangkum 7 momen kelam industri K-Pop tahun 2019 dari berbagai sumber. Siapkan hatimu untuk membuka tabir kelam mereka sekali lagi!

1. Kasus Kelab Malam Burning Sun

Seungri BIGBANG (Soompi)
Seungri BIGBANG (Soompi)

Skandal yang menyeret nama Seungri bermula pada akhir Januari 2019 lalu. Semua berawal dari kasus distribusi narkoba, kekerasan, dan pelecehan seksual yang menyendera Burning Sun di mana Seungri bertindak sebagai Direktur Eksekutif-nya.

Pada 28 Januari lalu, MBC “New Desk” yang dilansir Soompi, merilis rekaman CCTV atas kekerasan seksual yang terjadi di Burning Sun. Insiden tersebut melibatkan seorang pengunjung perempuan sebagai korban, salah satu staf Burning Sun sebagai tersangka kekerasan seksual, dan seorang pengunjung laki-laki sebagai saksi sekaligus korban kekerasan.

Kasus ini mencuat lantaran klub tersebut diketahui milik Seungri BIGBANG. Stigma negatif itu semakin diperparah dengan munculnya isu narkoba.

Setelah CCTV dirilis pihak Burning Sun minta maaf pada 29 Januari 2019. Disusul YG Entertainment selaku agensi BIGBANG yang menyatakan bahwa Seungri tidak berada di lokasi kejadian.

2. Seungri Putuskan Pensiun dan Hengkang dari BIGBANG

Seungri BIGBANG (Soompi)
Seungri BIGBANG (Soompi)

Setelah Burning Sun ditutup, Seungri dituduh menyediakan jasa prostitusi untuk investor asing di sebuah klub daerah Gangnam, Club Arena. Tuduhan ini bermula dari SBS funE memberitakan isi percakapan grup chat KakaoTalk antara Seungri dan tiga orang lainnya.

Seungri dipanggil ke kantor polisi untuk penyelidikan pada 27 Februari 2019. Ia juga menjalani tes urine terkait penyalahgunaan narkoba.

Seungri bilang pesan teks yang dirilis SBS funE itu dibuat-buat alias rekayasa semata. Seungri dibebaskan dari kantor polisi.

Pada 10 Maret 2019 polisi mulai menggeledah Club Arena pada jam 11 pagi hingga jam 2 malam waktu Korea. Polisi memperoleh data terkait layanan pendamping seksual kepada investor asing yang dituduhkan pada Seungri.

Status Seungri dinaikkan menjadi tersangka.

Seungri jadi sasaran tuduhan dan amukan publik. Pada 11 Maret, lewat Instagram pribadinya @seungriseyo, Seungri mengumumkan pensiun dari dunia hiburan yang membesarkan namanya. Maknae BIGBANG ini juga berjanji akan kooperatif menjalani penyelidikan polisi.

Kasus Seungri menyebabkan saham YG anjlok. Untuk itu dan banyak skandal lainnya, YG Entertainment resmi memutuskan kontrak ekslusif Seungri.

3. Skandal Chat Mesum Jung Joon Young

Jung Joon Young dan Seungri (Soompi)
Jung Joon Young dan Seungri (Soompi)

Awalnya, Kang Kyung Yoon, seorang reporter SBS menyelidiki tentang dugaan Seungri melobi investor dengan menawarkan hiburan seksual. 

Berawal dari sana, Kang Kyung Yoon menemukan banyak fakta terkait dengan Seungri. Ia bahkan menemukan grup chat mesum yang berisi nama Seungri dan beberapa artis laki-laki Korea lainnya.

Dalam grup chat itu terdapat aktivitas bertukar video dan gambar porno sesama anggota grup chat.

Dari penyelidikan lanjutan, terungkap beberapa nama idol K-Pop yang terlibat dalam grup chat mesum di antaranya, Jung Joon Young, Yong Junhyung Highlight, Choi Jong Hoon FTISLAND, dan Lee Jong Hyun CNBLUE.

Akibat skandal ini Jung Joon Young diberhentikan dari semua program dan aktivitasnya di dunia hiburan. Pada (29/11/2019), Jung Joon Young dijatuhkan vonis 6 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Seoul. Lalu dia mengajukan banding meminta keringanan pada (5/12/2019).

4. B.I Keluar dari iKON

B.I iKON (soompi)
B.I iKON (soompi)

Kim Han Bin alias B.I iKON menghebohkan dunia K-Pop terkait mundurnya dia dari boyband iKON yang digawanginya. Hal ini menyusul laporan Dispatch mengenai dugaan B.I membeli narkoba tahun 2016.

Dilansir Soompi, menanggapi laporan Dispatch dan postingan pamit B.I di Instagram, YG Entertainment telah merilis pernyataan resmi. Agensi iKON itu mengonfirmasi mundurnya B.I.

Sebelumnya pada tanggal 12 Juni, Dispatch melaporkan bahwa B.I iKON dituduh mencoba membeli obat-obatan terlarang.

Laporan tersebut menyatakan bahwa B.I berusaha membeli ganja dan LSD (lysergic acid diethylamide) pada tahun 2016 dan bahwa polisi tidak menyelidiki dia meskipun mengetahui hal ini.

Seseorang bernama A ditangkap di rumah mereka dengan tuduhan berurusan dengan narkoba, dan ketika sedang menyelidiki telepon milik A, polisi menemukan percakapan KakaoTalk yang dibagi antara A dan B.I pada April 2016. Dalam percakapan itu, B.I diduga mengatakan kepada A bahwa ia merokok ganja dan meminta A untuk membeli LSD.

5. Sulli Bunuh Diri

Sulli (Koreaboo)
Sulli (Koreaboo)

Idol K-Pop Sulli meninggal dunia pada (14/10/2019) karena bunuh diri di usia ke-25 tahun. SM Entertainment sudah merilis pernyataan resmi mereka tentang meninggalnya sang aktris.

Dilansir Koreaboo, menurut Departemen Pemadam Kebakaran Seongnam, petugas pemadam kebakaran yang dikirim ke apartemen Sulli segera melakukan CPR pada saat kedatangan, tetapi itu sia-sia, karena Sulli sudah tiada.

Setelah itu, pemadam kebakaran telah mengamati area di sekitar apartemennya, dan telah mengambil langkah-langkah keamanan tambahan, sebelum menyerahkan penyelidikan ke unit polisi dan forensik.

Sebelumnya, Sulli ditemukan meninggal pada pukul 15:21 KST di lantai 2 rumahnya oleh manajernya, yang segera menelepon polisi.

6. Voting Acara Produce 101 Dimanipulasi

Produce 101 (Soompi)
Produce 101 (Soompi)

Skandal voting yang dimanipulasi di serial Produce 101 menyedot perhatian publik Korea. Kejanggalannya mulai tercium fans usai malam final Produce X 101, yang menghasilkan boygrup X1 pada 19 Juli 2019.

Fans membandingkan voting total para pemenang dan mulai curiga terhadap perbedaan jarak antara text voting dan online voting.

Seoul Metropolitan Police Agency bidang Cyber langsung bergerak untuk menginvestigasi. Sampai akhirnya penuntutan telah menyetujui surat perintah penangkapan untuk Produce X 101 PD Ahn Joon Young dan beberapa orang lain yang terlibat dalam skandal manipulasi suara untuk seri Produce.

7. Kepergian Goo Hara

Goo Hara. (Instagram/@koohara__)
Goo Hara. (Instagram/@koohara__)

Usai Sulli, kepergian Goo Hara yang merupakan sahabatnya juga jadi pukulan telak industri K-Pop. Kabar meninggalnya Goo Hara pada (24/11/2019) lalu, menjadi duka mendalam para artis maupun pencinta Kpop.

Dilansir dari Soompi, Polisi sendiri sudah memberikan pernyataan terkait meninggalnya eks girl band KARA tersebut.

Komisaris Lee Yong Pyo yang berasal dari Badan Kepolisian Metropolitan Seoul memberikan pernyataan jika menemukan sebuah surat di atas meja ruang tamu.

Pihak kepolisian pun membeberkan kapan terakhir Goo Hara terlihat di CCTV berdasarkan pemeriksaan. Diketahui bahwa Goo Hara ditemukan meninggal oleh pengurus rumah tangganya pada (24/11) sekitar pukul 6 sore.

Goo Hara sendiri memang menderita depresi. Dia pernah melakukan percobaan bunuh diri pada tanggal 26 Mei, namun digagalkan manajernya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report