Kpop

Siapa Sangka 6 Artis Korea Ini Keturunan Aktivis Kemerdekaan

Mereka keturunan pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Kim Ji Suk  (Soompi)
Kim Ji Suk (Soompi)

Matamata.com - 1 Maret di Korea Selatan diperingati sebagai Hari Gerakan Kemerdekaan Samil atau Demonstrasi Manse. Pasalnya pada 1 Maret 1919, diperkirakan 2 juta orang Korea berkumpul bersama dalam protes damai terhadap pendudukan Jepang yang menyebabkan ribuan kematian.

Pada tahun 1949, 1 Maret dinyatakan sebagai hari libur nasional di Korea Selatan. Tahun 2019 menandai peringatan 100 tahun Gerakan Kemerdekaan Samil, dan hari ini (1/3/19) Korea memperingati mereka yang mempertaruhkan hidup mereka untuk kebebasan.

Berikut adalah beberapa seleb Korea yang merupakan keturunan dari aktivis kemerdekaan dilansir dari Soompi.

Yuk cekidot!

1. Lee Seo Jin

Lee Seo Jin  (Soompi)
Lee Seo Jin (Soompi)

 

Lee Seo Jin memiliki hubungan jauh dengan aktivis kemerdekaan Lee Sang Ryong. Lee Sang Ryong pernah menjabat sebagai presiden ketiga dari Pemerintahan Sementara Republik Korea.

Lee Sang Ryong bersekolah di Shinheung Military Academy, sebuah sekolah untuk membesarkan aktivis, dan berpartisipasi dalam Asosiasi Rakyat Baru.

Lee Seo Jin bukan keturunan langsung dari Lee Sang Ryong, melainkan dia adalah cucu dari Lee Bo Hyung. Lee Bo Hyung membeli Rumah Im Cheong Gak yang berfungsi sebagai tempat perlindungan selama pergerakan.

2. Bae Sung Woo dan Bae Sung jae

Bae Sung Woo dan Bae Sung jae (Soompi)
Bae Sung Woo dan Bae Sung jae (Soompi)

 

Aktor Bae Sung Woo dan penyiar Bae Sung Jae adalah cucu dari Shin Young Ho, yang dipenjara selama 10 bulan setelah ketahuan membuat Deklarasi Kemerdekaan untuk Gerakan Kemerdekaan Samil.

Pemerintah mengakui upaya Shin Young Ho pada tahun 1990 dan memberinya penghargaan anumerta melalui Orde Merit untuk Yayasan Nasional dengan Medali Nasional.

3. Park Hwan Hee

Park Hwan Hee  (Soompi)
Park Hwan Hee (Soompi)


Aktris Park Hwan Hee adalah cucu dari aktivis Ha Jong Jin, yang terjun pertama kali ke Gerakan Kemerdekaan dengan membagikan bendera Korea Selatan selama Gerakan Kemerdekaan Samil pada tahun 1919.

Ha Jong Jin memperoleh bahan peledak dari Shanghai dan berencana untuk meledakkan gedung-gedung pemerintah di Daegu, tetapi ia ditangkap dan dipenjara.

Tahun lalu, pada upacara tanggal 15 Agustus untuk memperingati peringatan 73 tahun pembebasan nasional dan peringatan 70 tahun pembentukan pemerintah, Park Hwan Hee dan cicit buyut Kim Hwa Young, Shin Ki Jung mengibarkan bendera Korea dan membacakan sumpah.

4. Hong Ji Min

Hong Ji Min (Soompi)
Hong Ji Min (Soompi)

 

Aktris musikal Hong Ji Min membantu menyanyikan lagu kebangsaan pada upacara peringatan ulang tahun ke-73 pembebasan nasional Korea dan tahun ke-70 pembentukan pemerintah pada 15 Agustus 2018.

Ayah Hong Ji Min, Hong Chang Sik, yang berpartisipasi dalam kegiatan kemerdekaan sejak usia 19 tahun, bertemu pembebasan saat ia dipenjara.

Hong Chang Sik mempertaruhkan nyawanya untuk memprotes dan menghancurkan pabrik amunisi Jepang.


5. Kim Ji Suk

Kim Ji Suk  (Soompi)
Kim Ji Suk (Soompi)

 

Aktor Kim Ji Suk adalah cucu dari Kim Sung Il, yang berpartisipasi dalam Gerakan Kemerdekaan melalui organisasi kemerdekaan.

Kim Sung Il adalah murid Kim Gu, seorang pemimpin Gerakan Kemerdekaan, dan dipenjara bersama dengan pejuang Yoon Bong Gil pada tahun 1932.

Setelah memulai dan melanjutkan kegiatan kemerdekaan sejak usia 14 tahun, Kim Sung Il menghabiskan empat bulan di penjara.

Itu dia artis Korea keturunan aktivis kemerdekaan. Ada idolamu?

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report