Ada Bonge Citayam, Ini Sosok yang Menyita Perhatian Publik di Tahun 2022!

Siapa saja sosok yang menyita perhatian publik sepanjang tahun 2022? Dari Remaja Citayam Fashion Week, Farel Prayoga, Bunda Corla, Kak Jill hingga Alif Cepmek berikut rangkumannya.

Diwanna Ericha
Sabtu, 31 Desember 2022 | 08:00 WIB

Sosok yang Menyita Perhatian Publik. (MataMata.com)

Pop.matamata.com - Media Sosial kerap melahirkan sosok baru yang dalam sekejap bisa mendadak populer. Di tahun 2022 ada sosok-sosok yang populer dan berhasil menyita perhatian publik karena kata-kata uniknya, suara, hinga cerita hidupnya.

Siapa saja sosok yang menyita perhatian publik sepanjang tahun 2022?

Dari Remaja Citayam Fashion Week, Farel Prayoga, Bunda Corla, Kak Jill hingga Alif Cepmek berikut rangkumannya.

 

Bonge ABG Citayam. (Instagram/@bonge_real)
Bonge ABG Citayam. (Instagram/@bonge_real)

1. Sosok Remaja Citayam Fashion Week Mendadak Viral

Fenomena Citayam Fashion Week yang hadir di pertengahan tahun 2022, memunculkan beberapa sosok remaja yang mendadak viral.

Fenomena ini berawal dari konten wawancara anak-anak remaja yang nongkrong di daerah sekitar stasiun Sudirman.

Dari situ akhirnya banyak yang kemudian menyoroti gaya berpakaian mereka yang kemudian dijuluki Citayam Fashion Week. Zebra cross yang ada di daerah tersebut bahkan jadi incaran untuk melakukan fashion show dadakan para YouTuber, selebgram atau influencer.

Sosok pertama ada Bonge. Nama Bonge semakin terdengar di telinga masyarakat ketika ia tergabung dalam Citayam Fashion Week. Bonge merupakan kepanjangan dari Bojong Gede.

Dirinya dikenal karena memiliki gaya nyentrik dan tidak malu untuk mengekspresikan penampilan tersebut di Citayam Fashion Week yang kerap digelar di SCBD.

Selain viral karena gayanya yang nyentrik, namanya juga sempat viral setelah mendapatkan uang sebesar Rp500 juta dari Paula Verhoeven.

Namanya memang dikenal setelah tampil di Citayam Fashion Week, tapi sebelum itu, ia juga viral di TikTok karena wawancaranya bersama gadis bernama Kurma.

Video wawancara tersebut dibagikan oleh @KutipanX saat Bonge dan Kurma tengah jalan-jalan di sekitar Sudirman. Keduanya kala itu baru saja pacaran.

Bahkan video wawancaranya kerap ditiru oleh selebgram dan artis lainnya.

Kedua, Jasmine Laticia atau lebih dikenal dengan nama Jeje Slebew. Nama Jeje Slebew menjadi viral setelah dia dan pacarnya, Roy, masuk dalam video tanya jawab di sebuah channel YouTube milik Ramdani Eka.

Kontennya tersebut menjadi viral di TikTok karena Roy dan Jeje selalu terlihat lengket layaknya amplop dan perangko.

Dalam video tersebut, Ramdani mengajak Jeje untuk tos bersama, tapi dengan manjanya Jeje terus memeluk pacarnya, Roy.

Sosok Bonge, Jeje, Kurma dan Roy seolah menjadi ikon dari Citayam Fashion Week. Saat itu banyak kreator konten berebut membuat konten bersama mereka.

 

Sumber Kekayaan Farel Prayoga (instagram/@farelprayoganewreal)
Sumber Kekayaan Farel Prayoga (instagram/@farelprayoganewreal)

2. Farel Prayoga Penyanyi Cilik

Farel merupakan anak laki-laki yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Awalnya, dia dikenal sebagai pengamen jalanan. Saat itu, dia kerap mengamen di kawasan Banyuwangi dan sekitarnya.

Bocah yang lahir pada 8 Agustus 2010 itu memang memiliki suara merdu.

Farel menjadi sorotan usai video dirinya berduet dengan Filla Talia viral di TikTok. Dalam aksinya itu, Farel dan Filla membawakan lagu "Ojo Dibandingke." Lagu yang dinyanyikan oleh Farel pun ramai digunakan sebagai backsound video TikTok.

Sampai pada akhirnya, Farel Prayoga diundang ke Istana Merdeka pada acara upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu 17 Agustus 2022. Dia pun sukses menyanyikan lagu Ojo Dibandingke dan membuat banyak pejabat berjoget di istana. Bahkan, Iriana Jokowi pun tampak asyik mengikuti irama musik dan lagu yang dibawakan Farel.

Ya, bocah laki-laki itu dengan percaya diri dan asyiknya bernyanyi lincah di hadapan Presiden Jokowi dan semua tamu undangan. Saat itu semua terhibur sampai ikut bernyanyi dan berjoget bersama.

Aksinya ini pun viral di jagad maya dan namanya pun kian melambung. Kini, Farel mampu membangun rumah untuk orangtuanya dan membeli mobil usai viral.

 

Profil dan Biodata Kak Jill Shine Gorden (Instagram/jill_shine_workout)
Profil dan Biodata Kak Jill Shine Gorden (Instagram/jill_shine_workout)

3. Kak Jill dan Gaya Uniknya

Sosok Kak Jill adalah penjual gordeng melalui aplikasi TikTok, , namun dirinya memiliki cara yang unik setiap berjualan di akun @jill_shine2 atau Gojill Gorden.

Ada beberapa hal yang membuat banyak orang tertarik dengan Kak Jill, bahkan ia disebut-sebut sebagai sosok kesayangan warga TikTok karena keramahannya.

Tak hanya itu, kini sound TikTok yang dibuat oleh Kak Jill banyak dipakai oleh pengguna lain karena memiliki lirik yang unik.

Pemilik nama asli Jill Shine, ia memiliki hubungan darah dengan artis Robby Shine. Jill Shine juga merupakan seorang pengusaha gorden asal Deli Serdang, Lubuk Pakam, Sumatera Utara.

Kak Jill diketahui banyak disukai karena cara menjualnya yang unik. Ia tampak begitu ramah, bahkan sering menyapa para pengikutnya dengan sebutan darling.

Warganet yang menonton kontennya ikut merasakan energi positif karena mendapat senyuman dan perhatian dari Kak Jill. Tak hanya itu, Kak Jill juga identik dengan makeup menor yang selalu ia kenakan saat membuat konten.

 

Intan Sriastuti (YouTube/transtvofficial)
Intan Sriastuti (YouTube/transtvofficial)

4. Intan Sriastuti dengan Lagu Viralnya

Nama Intan Sri Astuti, wanita asal Lembata, NTT ini viral karena videonya saat menyanyi 'begitu syulit lupakan Rehan, apalagi Rehan baik" yang viral di TikTok.

Video berdurasi 15 detik itu langsung viral setelah diunggah di TikTok pada 19 September.

Pada 21 September 2022, videonya telah ditonton lebih dari 37,8 juta kali dan mendapat lebih dari 1,7 juta like.
Dari situ, nama Rehan masuk dalam jejeran trending topic di Twitter. Banyak warganet yang memberi simbol bahwa nama Rehan itu baik.

Video Intan itu ditonton ramai-ramai oleh polisi. Bahkan, timnas Indonesia ikut menonton video Intan menyanyikan lagu “Begitu syulit lupakan Rehan.”

Saat diundang di program "Pagi Pagi Ambyar", Intan menjelaskan bahwa Rehan adalah sosok yang hadir dalam mimpinya.

“Nggak ada (di dunia nyata),” kata Intan menjawab pertanyaan pembawa acara "Pagi Pagi Ambyar" tentang sosok Rehan.
Intan kemudian membeberkan gambaran sosok Rehan yang ada di mimpinya.

“Ganteng, macho, pokoknya laki banget,” lanjut Intan.

Intan mengaku awalnya ia membuat video tersebut karena iseng.

 

Potret Alif Cepmek Dilan KW (TikTok/mikey22287)
Potret Alif Cepmek Dilan KW (TikTok/mikey22287)

5. Alif Cepmek dengan Jargonnya yang Viral

TikTokers bernama Alif yang dijuluki sebagai Dilan KW ini mendadak terkenal karena kerap meniru suara mirip Iqbaal Ramadhan dalam film Dilan. Gaya bicaranya yang dilebay-lebaykan ala anak gaul 2000-an juga membuat warganet ngakak.

Ialah Muhammad Alif Ari Al Faikatau akrab disapa Alif yang mengunggah video kocak di TikTok hingga dijuluki Dilan KW. Selain berbicara dengan gaya mirip Dilan, dia juga kerap meraung dan mengucapkan 'Rawrr' dalam berbagai unggahannya.

Ialah Muhammad Alif Ari Al Faikatau akrab disapa Alif yang mengunggah video kocak di TikTok hingga dijuluki Dilan KW. Selain berbicara dengan gaya mirip Dilan, dia juga kerap meraung dan mengucapkan 'Rawrr' dalam berbagai unggahannya.

Pria dengan jargon 'Ente kadang-kadang ente' itu juga mempopulerkan gaya potongan rambut cepmek alias cepak mekar. Dia mengungkapkan hal itu saat netizen bertanya soal model rambutnya.

Karena istilah cepmek itulah Alif yang awalnya dikenal sebagai Dilan KW kini juga dijuluki sebagai Dilan Cepmek. Dia dianggap sebagai orang yang mempopulerkan istilah cepmek atau gaya rambut cepak mekar.

 

Momen Pertemuan Bunda Corla dengan Ivan Gunawan dan Maharani Kemala (instagram/@corla_2)
Momen Pertemuan Bunda Corla dengan Ivan Gunawan dan Maharani Kemala (instagram/@corla_2)

6. Bunda Corla dengan Momen Livenya

Bunda Corla membuat namanya dikenal dengan sering melakukan siaran langsung atau live di Instagram pribadinya, @corla_2. Dia sering pindah live dari Instagram ke TikTok, atau sebaliknya, karena di-banned.

Dalam setiap live, Bunda Corla suka blak-blakan atau marah-marah. Namun justru itulah yang membuat sosoknya semakin dikenal. Siaran live Corla biasanya meraup lebih dari 100 ribu penonton, lho.

Selain netizen, siaran langsung Bunda Corla juga disaksikan oleh sejumlah figur publik, sebut saja Arif Muhammad (Mak Beti), Siti Badriah, hingga Putra Siregar. Tingkah kocaknya memang sangat menghibur.

Bunda Corla dulunya merupakan artis di Indonesia. Dia juga cukup dekat dengan sejumlah selebritas Tanah Air, dari Ivan Gunawan, Ruben Onsu hingga mendiang Olga Syahputra.

 

Yessy dan Ryan Dono. (YouTube/TRANS TV Official)
Yessy dan Ryan Dono. (YouTube/TRANS TV Official)

7. Yessy, Perempuan yang Meminta Mahar Sertifikat Rumah

Disaat yang lain terkenal dan viral karena bakat dan ciri khas ucapannya, Ryan Dono dan Yessy menjadi salah satu sosok yang mendadak populer dan dibicarakan netizen di akhir tahun 2022 karena gagal menikah.

Berawal dari konten TikTok Yessy yang menceritakan batalnya pernikahan dia hanya dalam waktu tiga hari sebelum akad digelar. Kemudian muncul pihak pria, Ryan Dono yang akhirnya buka suara dan mengungkap pernikahan batal karena Yessy meminta sertifikat rumah sebagai mahar.

 

Fakta Terkini Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Instagram/@emmerilkahn)
Fakta Terkini Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Instagram/@emmerilkahn)

8. Kepergian Emerill Khan Mumtaz

Sosok terakhir yang menyita perhatian publik adalah Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil dengan Emil, meninggal dunia pada 8 Juni 2022 lalu.

Jasadnya ditemukan pada pukul 06.50 usai ia dikabarkan tenggelam di Sungai Aare yang ada di Bern, Swiss pada akhir Mei lalu.

Kepulangan dari jenazah Emil ke Indonesia disambut oleh masyarakat. Berbagai ucapan belasungkawa dan doa disampaikan untuk keluarga Ridwan Kamil yang ditinggalkan.

 

Itulah deretan sosok yang menyita perhatian publik di tahun 2022. Bagiamana menurut kamu?

Baca Juga: 10 Potret Kebersamaan Indah Permatasari dan Ibunda, Keakraban di Lamaran Adik Bikin Haru

Berita Terkait

TERKINI

Nikita Mirzani umbar seberapa besar gaji Antonio Dedola.
hotvideo | 11:35 WIB
Putri Delina hanya bisa pasrah berharap ada seseorang yang mengabarkan kondisi Bintang agar bisa dijemput.
hotvideo | 11:28 WIB
Kendati melabrak Fitri Salhuteru dan Nikita Mirzani, Kiki The Potters mengaku tidak takut jika dirinya dipolisikan.
hotvideo | 10:45 WIB
Nikita Willy masak menu favorit suami.
hotvideo | 21:35 WIB
Alih-alih berobat ke luar negeri, para artis ini lebih memilih memakai BPJS.
hotvideo | 17:15 WIB
Deva Mahenra menulis curhatan di Twitter.
hotvideo | 12:30 WIB
Berikut adalah deretan artis yang pernah disomasi oleh Farhat Abbas, siapa saja?
hotvideo | 16:23 WIB
"Sebelum menikah, aku menyebut diriku sebagai wanita mandiri," tulis Kiky Saputri.
hotvideo | 14:20 WIB
Penampilan Putri Anne tanpa riasan wajah ini sontak menuai komentar miring.
hotvideo | 14:19 WIB
Kakak kandung Betrand Peto semakin cantik dan glowing.
hotvideo | 14:18 WIB
Tampilkan lebih banyak