Dangdut

5 Pedangdut Ubah Penampilan Pakai Hijab, Cerita Di Baliknya Menyentuh Hati

Sejumlah pedangdut kenamaan Tanah Air tampil berhijab tanpa takut kehilangan pekerjaan, siapa saja?

Yohanes Endra

Pedangdut Ubah Penampilan Pakai Hijab: Lesti Kejora (Instagram/@lestykejora)
Pedangdut Ubah Penampilan Pakai Hijab: Lesti Kejora (Instagram/@lestykejora)

Matamata.com - Pedangdut identik dengan pakaian seksi dan goyangan yang aduhai. Imej tersebut perlahan memudar seiring dengan banyaknya penyanyi baru atau pedangdut lawas yang memutuskan untuk mengenakan hijab.

Belakangan memang sedang viral pedangdut asal Boyolali, Jawa Tengah bernama Novi Listiana yang memutuskan hijrah dengan tampil berhijab. Selain itu, Novi yang mulai menjadi pedangdut pada 2014 memutuskan untuk alih profesi menjadi petani. Videonya sedang ramai diperbincangkan di aplikasi TikTok.

Selain Novi Listiana, sejumlah pedangdut Tanah Air juga telah mengubah penampilannya menjadi berhijab. Siapa saja dan seperti apa ceritanya?

1. Lesti Kejora

Lesti Kejora (MataMata.com/Alfian Winanto)
Pedangdut Ubah Penampilan Pakai Hijab: Lesti Kejora (MataMata.com/Alfian Winanto)

Lesti Kejora sebenarnya sudah berhijab saat SD, SMP, dan SMA. Setelah tak konsisten menutup auratnya, Lesti Kejora mantap mengenakan hijab sejak November 2018. Tunangan Rizky Billar ini mengaku sempat dihalangi oleh beberapa orang saat berencana untuk berhijab. Akan tetapi karena sudah mantap, Lesti Kejora tetap melaksanakan keinginannya.

Pekerjaan Lesti Kejora pun sama sekali tak terganggu. Setelah mantap berhijab, Lesti diketahui merilis lagu Ada Cerita. Busana Lesti Kejora sebelum berhijab kemudian diberikan kepada pedangdut baru atau dirombak agar tetap bisa dikenakannya.

2. Ikke Nurjanah

Ikke Nurjanah dan Karlie Fu. (MataMata.com/Herwanto)
Pedangdut Ubah Penampilan Pakai Hijab: Ikke Nurjanah. (MataMata.com/Herwanto)

Ikke Nurjanah dikenal sebagai pedangdut dengan penampilan sederhana dan tertutup. Namun perjalanan Ikke Nurjanah berhijrah baru dimulai pada 2017. Sepulang dari ibadah haji, Ikke mulai merasa aman dan nyaman mengenakan hijab. Kendati begitu, Ikke sempat melepas hijab karena pekerjaan hingga diprotes kerabat. Ikke sendiri sudah mulai tak nyaman jika tidak berjilbab hingga akhirnya memantapkan hati.

Pihak manajemen pun mendukung keputusan Ikke Nurjanah. Bahkan manajemen bersedia mengganti cover dan syuting ulang untuk lagu terbarunya kala itu. Ikke Nurjanah juga telah melepas status jandanya dengan menikahi Karlie Fu pada awal tahun 2021.

3. Angel Lelga

Angel Lelga. (MataMata.com/Rena Pangesti)
Pedangdut Ubah Penampilan Pakai Hijab: Angel Lelga. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Angel Lelga mulai dikenal luas sebagai mantan istri Rhoma Irama hingga Vicky Prasetyo. Namun jauh sebelum itu, Angel Lelga sebenarnya adalah penyanyi dangdut. Pemilik nama asli Lely Anggraeni ini sempat berganti nama menjadi Angelic ketika merambah musik pop. Sebelum berkarier sebagai anggota DPR, Angel Lelga juga sempat menjadi pemain film.

Angel Lelga memutuskan untuk berhijab sejak 2013. Namun kala memutuskan untuk berhijab, Angel dituding hanya berniat masuk ke salah satu partai berbasis Islam. Angel Lelga lantas menegaskan dirinya menjadi mualaf dan berhijab karena hidayah Tuhan. Angel Lelga pun nyatanya tetap konsisten mengenakan hijab hingga sekarang.

4. Cici Paramida

Cici Paramida. (Instagram/@cici_faramida)
Pedangdut Ubah Penampilan Pakai Hijab: Cici Paramida. (Instagram/@cici_faramida)

Cici Paramida mulai berhijab sejak 2016. Sejak menutup auratnya, pelantun Wulan Merindu ini mengaku jauh lebih damai dan mantap menjalani keseharian. Selain itu, Cici Paramida jadi tak takut kehilangan pekerjaan karena percaya apabila maut, jodoh, dan rezeki berada di tangan Tuhan.

Sebelum mantap berhijab, Cici Paramida mengaku sempat galau. Namun kegalauan Cici menghilang setelah artis cantik Zee Zee Shahab menjawab pertanyaan serta berhasil meyakinkannya.

5. Cinta Penelope

Cinta Penelope dan suami. (Instagram/@princess_cinta_penelope)
Pedangdut Ubah Penampilan Pakai Hijab: Cinta Penelope. (Instagram/@princess_cinta_penelope)

Cinta Penelope memantapkan hati untuk tampil berhijab sejak awal tahun 2018. Awal Cinta Penelope memutuskan berhijrah ialah ketika seorang teman menceritakan bahwa lagu Keong Racun disebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam sebuah ceramahnya. Ketika mendengar ceramah UAS untuk menemukan bagian lagunya disebut, Cinta Penelope justru mendapat hidayah.

Dalam video tersebut, UAS mengimbau para wanita untuk menjaga aurat. Ia lantas menyesali perbuatannya dan memutuskan untuk berhijrah. Tak main-main, Cinta Penelope berusaha memakai pakaian yang longgar dan hijab menutup dada. Kini Cinta Penelope hidup bahagia dengan sang suami yang merupakan pria asal Turki, Taha Gokhan Arikan.

Dari cerita pedangdut yang mengubah penampilannya dengan hijab, siapa favoritmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report