Dangdut

Reza Zakarya Pernah Jadi TKI Arab Saudi, Disekap - Harus Ditebus Rp21 Juta

Kisah pilu Reza Zakarya, jadi TKI niat cari duit malah dapat penyiksaan luar biasa.

Tinwarotul Fatonah

Reza Zakarya. (Instagram/@reza_zakarya_daa)
Reza Zakarya. (Instagram/@reza_zakarya_daa)

Matamata.com - Pedangdut jebolan D'Academy, Reza Zakarya pernah menceritakan kisah pilunya di tahun 2012 ketika dirinya memutuskan untuk jadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Riyadh, Arab Saudi.

Kepada Gilang Dirga lewat di channel YouTube Adiez Gilang, awalnya Reza menceritakan kondisi ekonomi keluarga yang serba kekurangan.

Hingga akhirnya dirinya ingin kerja keluar negeri karena kesempatan untuk jadi penyanyi belum ada.

Reza Zakarya. (YouTube)
Reza Zakarya. (YouTube)

"Kenapa Eza harus nungguin mimpi yang harus jadi penyanyi tapi nggak nemu-nemu jalannya, yaudah Eza putusin untuk ke luar negeri dengan harapan pulang dari sana akan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi keluarga tapi malah sebaliknya," ceritanya di acara Ruang Interogasi yang tayang 20 September lalu.

Reza bercerita kalau dirinya ditawari jadi TKI di Riyadh untuk dipekerjakan sebagai kasir.

Namun siapa sangka saat sampai di sebuah wilayah yang merupakan daerah perang, dirinya malah mendapatkan pekerjaan yang tak sesuai. Ia dipekerjakan untuk sebuah laundy.

Dirinya bahkan mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari sang majikan. Di mana harus tinggal di sebuah ruangan mirip gudang.

"Begitu Eza buka kamarnya, di situ benar-benar gudang isinya bawang, minyak. Pokoknya peralatan masak yang baunya nggak bisa Eza kontrol, tikus di mana-mana. Sampai Eza bilang, 'Kamar Eza harus itu?'," kenangnya.

Belum lagi perlakuan teman-teman di sana. Ia mengungkapkan tangannya sampai melepuh karena saat mencuci dengan cairan pemutih tak diperbolehkan memakai sarung tangan.

Hari-harinya dipenuhi tangisan dan rasa takut. Hanya saja dirinya tak berani cerita ke orangtuanya.

Reza Zakarya dan Valda Alviana (Instagram/@valda_alviana)
Reza Zakarya dan Valda Alviana (Instagram/@valda_alviana)

Ia juga tak bisa macam-macam karena semua dokumen pribadinya disita sang majikan. Belum lagi hukum di Arab Saudi sangat ketat dan ia kepikiran takut melanggar.

Hingga akhirnya, Reza memberanikan diri mencari bantuan setelah seorang dari Bangladesh yang sudah 15 tahun terjebak di sana menyuruhnya pulang. Pasalnya, Reza bisa saja dijual atau disiksa oleh majikannya.

Sempat kabur ke gedung-gedung tua bekas perang, Reza tertangkap majikannya lagi.

Di situ Reza akhirnya disekap dan diizinkan pulang asal keluarganya bisa menebus dirinya dengan uang Rp21 juta.

"Eza sampai ngomong terakhir sama mama, 'mah kalau mama nggak bisa pulangin Eza, kita nggak akan punya uang segitu, jadi percuma biarin Eza mati di sini aja' karena Eza tahu uang Rp21 juta dari mana," ucapnya.

Reza pun sudah pasrah namun ibunya tetap berusaha menebus dirinya.

Reza Zakarya. (Instagram/@reza_zakarya_daa)
Reza Zakarya. (Instagram/@reza_zakarya_daa)

Hingga akhirnya Reza dilepaskan namun ditinggalkan begitu saja di sebuah terminal bis.

Dari situ, Reza Zakarya bisa pulang ke Indonesia. Penderitaannya itu dialami sekitar satu bulan.

Beruntungnya, nasibnya kini sudah mujur. Setelah ikut ajang pencarian penyanyi dangdut, dirinya kini penjadi penyanyi dangdut ternama dan punya banya acara off air dengan bayaran fantastis.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report