Dangdut

Perdana Ucapkan Assalamualaikum di Panggung, Rhoma Irama Dilempar Batu

"Pernah juga dilempar batu ketika pertama saya mengucapkan assalamualaikum pertama kali di pentas musik," kata Rhoma Irama.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Yuliani

Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)
Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Bagi Raja Dangdut Rhoma Irama dan Soneta Group, bulan Desember tahun ini menjadi bulan yang istimewa. Pasalnya Soneta Group memasuki usia 50 tahun tepat pada 11 Desember 2020. 

Asam garam perjalanan telah dilalui Rhoma dan Soneta usai separuh abad berkarier. Salah satu paling diingat adalah ketika Soneta dicekal di masa Orde Baru.

"Kita pernah menjadi grup yang dicekal, nggak bisa muncul di televisi sampai 11 tahun, dipersulit saat melakukan live concert," kata lelaki yang akrab disapa Bang Haji di kawasan Depok, Jawa Barat, Selasa (8/12/2020).

Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)
Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Masa-masa ia dicaci maki saat mengucap salam ketika hendak memulai konser dikenang oleh pelantun lagu Judi ini. Dia kerap dilempari sandal karena dianggap aneh.

"Pernah juga dilempar batu ketika pertama saya mengucapkan assalamualaikum pertama kali di pentas musik. Saat itu nggak ada salam diucapkan di panggung musik, ketika saya mengucap itu, hujan sendal, di Ancol itu keluar caci maki segala macam," ujarnya.

Rhoma Irama juga pernah dihujani batu saat manggung di Bandung, Jawa Barat. Kala itu, penggemar musik rock dan dangdut bentrok pada 1970-an. "Kemudian kami juga pernah juga dilemparin batu," ujarnya.

"Saat terjadi konfrontasi rock sama dangdut waktu itu, pernah terjadi hujan batu. Karena waktu konfrontasi dangdut dan rock, itu sampai ke fisik," kata Rhoma lagi.

Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)
Rhoma Irama. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Namun, Rhoma tetap nekat melanjutkan musiknya di panggung. Akhirnya, lemparan batu itu berhenti sendiri. "Pernah suatu ketika konser di Bandung, puluhan ribu yang nonton, itu kandangnya musik rock waktu itu. Sebelum saya naik, itu sudah hujan batu. Tetapi saya bismillah aja, saya naik aja deh, sampai akhirnya mereka berhenti sendiri," katanya.

11 Desember ternyata bukan cuma jadi hari jadi Soneta. Di tanggal itu, Rhoma Irama juga bakal genap berusia 74 tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report